Selasa, 31 Maret 2009

Muslim dan IPTEK

Diskusi Paska Kampus

Oleh: Bapak Aries Sulisetyono, Ph.D
Dosen di Fakultas Teknik Perkapalan ITS Surabaya.

Pada sesi kali ini dibahas mengenai peran muslim dalam perkembangan teknologi di dunia. Pembahasan pertama adalah tinjauan sejarah sains umat Islam di masa lampau. Yang terdapat hal-hal yang membanggakan hasil prestasi sejarah yang pernah diukir oleh umat islam. Alur sejarah perkembangan iptek umat Islam dibagi menjadi empat tahapan, dalam tahapan ini ada beberapa hal yang menandakan peran umat masing-masing. Tahapan-tahapan tersebut adalah:
1) ekspansi wilayah islam pada masa pemerintahan Umar bin Khattab ke Afrika Utara yang diduduki Romawi Timur sehingga bersinggungan dengan budaya luar Eropa,
2) penerjemahan sporadis dan besar-besaran karya-karya Yunani hingga masa dinasti Umayyah,
3) masa karya yang luar biasa di mana muncul banyak ilmuwan-ilmuwan Islam dengan bebagai disiplin ilmu pada abad kedelapan hingga abad kelimabelas,
4) masa tua/kemunduran ilmu pengetahuan pada masa Utsmani abad kelimabelas ketika terkungkung dalam kemewahan dan kekuasaan dan Eropa mulai berkembang pesat.

Kemudian beliau menunjukkan kelemahan Indonesia dalam kemajuan iptek, beliau menyoroti ketidakseriusan pemerintah selama ini terhadap riset dan pengembangan iptek padahal dua hal tersebut merupakan modal utama untuk bersaing dalam kompetisi global. Indonesia hari ini membutuhkan industrial research dan university research. Tantangan dakwah di bidang sains dan teknologi yaitu: ketersediaan, mobilisasi vertikal, dan pelayanan umat. Untuk menghadapi hal itu maka kita harus menjadi muslim berprestasi dengan membangun lingkungan riset dan karakter periset.

Resume DPK bulan Maret 2009

Tidak ada komentar: