Selasa, 31 Maret 2009

MANAJEMEN WAKTU BAGI ORANG SUKSES BAGI MEREKA YANG DI TUNTUT UNTUK BERPRESTASI

Dalam kehidupan seorang mahasiswa pastilah banyak sekali kegiatan yang harus dilakukan apalagi bagi mereka sebagai aktifis yang punya kegiatan beragam dan padat. Mereka melakukan hal-hal yang diluar tanggungjawab mereka untuk belajar akademik di kampus dan mereka mencoba mencari ilmu lain yang sering disebut sebagai softskill.
Dalam perkembangannya tentu mereka sebagai aktifis tidak rela bahwa nilai akademik mereka turun gara-gara sesuatu yang sunnah ini. Meskipun waktu mereka tersita untuk mengurusi tambahan amanah yang diberikan oleh organisasi mahasiswa di kampus, mereka harus tetap membuat prestasi di bidang akademik. Maka yang harus di pelajari adalah bagaimana sebenarnya menejemen waktu yang baik. Menejemen waktu ini dalam artian bagaimana membuat waktu yang sangat singkat menjadi sangat produktif.
Langkah awal yang harus dilakukan adalah menetapkan tujuan dan cita-cita hidup baik kehidupan di kampus maupun paska kampus. Tanyakan pada diri sendiri, `Untuk apa saya hidup?' `Apa yang saya inginkan?','Apa yang harus saya lakukan?'. Dalam menentukan tujuan hidup mestilah realistis dan terukur dalam arti sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Karena orang-orang yang sukses dan bahagia adalah orang-orang yang mengetahui tujuan hidup dan menyadari kemampuannya.
Kemudian setelah menetapkan tujuan hidup barulah kita melakukan perencanaan. Mungkin kita perlu meluangkan sedikit banyak waktu kita untuk membuat perencanaan. Perencanaan yang kita buat adalah perencanaan yang akan mendukung tercapainya tujuan hidup kita. Paling tidak hal-hal yang harus kita kuasai untuk menunjang tujuan hidup kita. Setelah itubarulah kita membuat daftar detail hal-hal yang harus kita lakukan dalam waktu dekat dan mungkin jangka panjang. Kita bisa membuat ini menjadi lebih detail karena semakin detail maka akan semakin jelas hal yang akan kita laksanakan.
Setelah melakukan itu maka kita harus membatasi rencana. Mungkin kita mempunyai Terlalu banyak rencana. Bukanlah hal yang baik jika kita sadar tidak mungkin mengerjakan semuanya. Rencana yang terlalu banyak hanya akan membuat kita stres. Bahkan jika kita gagal mencapainya kita bisa frustasi atau mungkin akan menganggap remeh saja. Maka kita harus membuat rencana yang kita yakin dapat menyelesaikannya.
Kemudian kita harus meluangkan waktu. Walau kita sudah memiliki sejumlah rencana yang akan segera kita kerjakan, jangan lupa luangkan waktu kita untuk melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi Kita pribadi. Misalnya tidur/beristirahat, melakukan hobi, berkumpul dengan keluarga dan sahabat, berolahraga, belanja, dan bermain internet. Tetapi jangan sampai kesenangan itu menyita waktu Kita sehingga mengesampingkan hal-hal yang lebih penting.
Dengan demikian waktu Kita yang berharga akan lebih efektif. Jika Kita sudah mempraktekkan manajemen waktu ini dengan benar, semoga kita menjadi orang-orang yang sukses!

Tidak ada komentar: