Selasa, 31 Maret 2009

Mengembangkan Gaya Penulisan

TRAINING JURNALISTIK
Oleh : Ust. Sapto Waluyo

Pada sesi ini membahas masalah bagaimana mengembangkan gaya penulisan yang kita punya. Gaya penulisan ini adalah hal yang dimiliki oleh seorang penulis dan tentunya setiap penulis memiliki gaya penulisan yang berbeda-beda. Gaya penulisan ini bisa mencerminkan penulisnya, biasanya hanya dengan membaca tuliusan, pembaca akan tahu siapa penulisnya.
Aspek yang menandakan gaya penulisan:
1. Pemilihan judul
Dalam memilih judul biasanya menandakan orang seperti apa kita, terkadang ini mencerminkan latar belakang pendidikan kita.
2. Struktur Ide
Struktur ide yang di bawakan dalam penulisan tergantung dari masing-masing individu dan ini sering bergantung pada bagaimana kita melihat ide kita.
3. Pemilihan kata
Pemilihan kata juga merupakan hal yang mencerminkan kualitas tulisan yang dibuat. Dengan sering membaca maka kosakata yang kita punya akan semakin bertambah.
Gaya penulisan menandakan kekhasan dari tulisan tersebut dan kita tidak akan bisa meniru gaya penulisan orang lain, apabila dipaksakan untuk meniru gaya penulisan orang lain maka orang yang membaca akan dapat menilai gaya yang dipakai tidak orisinil.
Gaya penulisan dikembangkan dengan jalan menekuni kebiasaan menulis, karena dengan sering menulis inilah gaya penulisan akan terbentuk.


Resume TJ Bulan Maret 2009

Tidak ada komentar: