Selasa, 31 Maret 2009

(Since Good Leaders are not good enough)

Transformasi itu bukan dilaksanakan oleh banyak orang namun dilaksanakan oleh orang-orang yang terpilih yang jumlahnya sedikit. Dan kita harus yakin bahwa seorang great leader adalah mereka yang terpilih menjadi pelaksana dari perubahan itu. Dan kita harus menjgarah pada great leaders. Yang menjadi pertanyaan adalah apa saja kontribusi yang telah kita berikan. Karena dengan kontribusi adalah hal yang membuktikan bahwa kita siap dalam melakukan transformasi.
Sebuah pertanyaan apakah kita pemimpin adalah pertanyaan yang sangat fundamental dan jawabannya tergantung kepada kita sendiri.
Karakteristik dari pemimpin adalah Coping with Change/Transformation, Setting Directions, Doing the Right Things, What?/Why?, Be Somewhere One Day, Learning from The Future, Long-term, Innovation, Risk Taking, Development, Solutions, People, Attuning People, Motivating and Inspiring, Commitment, Freedom, Creativity, Room for Mistakes, Empowerment, Benefit, Contribution, Values & Responsibility. Sedangkan karakteristik dari seorang menejer adalah Coping with Complexity, Planning and Budgeting, Doing the Things Right, How To, , Here & Now, Learning from The Past, Short-term, Administration, Risk Avoidance, Maintenance, Problems, System/Structure, Organizing and Staffing, Controlling and Problem Solving, Compliance, Obedience, ‘Discipline’, Rigidity, Controlling, Position & Power Seeking
Pada hakekatnya seorang leaders mempunyai tiga hal yakni people transformation and contribution. Hal inilah sebagai kunci arah dari seorang pemimpin dalam bergerak.
Kita harus segera memahami kompleksitas, karena perubahan sendiri mempunyai kompleksitas dan kita harus bisa segera beradaptasi dengan kompleksitas itu. Kompleksitas itu sendiri terkait dengan menejer sedangkan perubahan terkait dengan pemimpin.
Pemimpin itu dikenal karena peninggalan akan jasa yang telah ia lakukan.
Pekerjaan seorang pemimpin adalah tiga hal yakni shared meaning, shared vision dan shared value.
Level 5 leadership
Pemimpin tingkat 1 adalah orang yang apabila berada dalam suatu komunitas maka orang lain merasa takut. Biasanya pemimpin di tingkat ini sering melakukan threatment dalam melakukan sesuatu. Pemimpin tingkat ini dihargai karena dia berada pada posisinya.
Pemimpin tingkat 2 adalah pemimpin yang suka mengambil keputusan yang populis, mereka mengambl kebijakan atau keputusan dengan berlandaskan arus yang ada pada saat itu.
Pemimpin tingkat 3 adalah seorang pemimpin yang memiliki kapasitas prestasi. Pemimpin tingkat ini menunjukkan kepemimpinannya dengan produk-produk yang dihasilkan.
Pemimpin tingkat 4 adalah pemimpin yang dituruti orang lain sebab pemimpin tersebut meninggalkan budi yang baik sehingga orang akan segan menurutinya.
Pemimpin tingkat 5 adalah pemimpin yang disegani sebab mempunyai sifat pemimpin tingkat 4, ikhlas dan rendah hati. Pemimpin tingkat ini mempunyai nilai-nilai yang akan dikerjakan. Dia dihargai karena jati dirinya sehingga mereka atau orang yang berada pada bawahannya menghargai.
Seorang leader yang berada dalam suatu komunitas yang tidak ada torbulensi maka leader tersebut tidak akan menjadi leader yang meaningfull. Ketika kita membuat visi maka buatlah visi yang jauh dari realistis, sebab kita akan lebih bersemangat dalam mengejar visi tersebut.

Resume TPD Bulan Februari 2009

Tidak ada komentar: