Selasa, 31 Maret 2009

Kepemimpinan

Dialog Tokoh
Oleh : Ibu Yulyani

Sebagai seorang pemimpin haruslah sadar tentang siapa saja yang nantinya ia pimpin. Seorang muslim yang menjadi pemimpin di negeri Indonesia ini haruslah sadar bahwa pengikutnya bukan dari golongan islam saja tapi mereka ada yang berasal dari Agama lain.
Dalam proses pembelajaran kepemimpinan harus disertai dengan praktek langsung dilapangan dan ia harus bisa merasakan hal yang dirasakan oleh rakyatnya. Tentunya hal ini akan sangat bergantung pada bagaimana sikap kita, karena dengan sikap inilah akan mengantarkan seseorang menuju kesuksesan dank arena sikap inilah jika diterapkan maka seseorang tersebut akan menjadi leader dimanapun ia berada.
Orang-orang yang sukses adalah mereka yang mempunyai kualitas diri yang baik. Rasulullah mengatakan bahwa orang yang berkualitas seperti unta yang berpunuk dua. Ini menyadarkan pada kita bahwa sesungguhnya orang –orang yang berkualitas ini jumlahnya sangat sedikit dibandingkan dengan orang yang mempunyai kualitas kehidupan yang rendah.
¬
Abraham Lincoln, presiden Amerika Serikat yang ke 16, ia adalah manusia yang memiliki kualitas diri yang baik, dari banyak citanya hanya satu hal yang ia tidak bisa tercapai, ketika itu ia banyak sekali mengalami kegagalan, namun tekat dan usahanya begitu keras sehingga ia bisa menjadi presiden Amerika.
Tantangan hidup dapat dirasakan ketika kita turun langsung dalam kehidupan ini. Dan ketika kita mendapat tantangan maka sesungguhnya kita sedang diuji seberapa jauh tingkat kepemimpinan yang kita miliki, tentunya dengan menikmati segala proses yangada, sebab ketika kita tidak menikmati proses yang ada maka hidup kita seakan-akan tidak bahagia. Seorang pemain golf, Tiger Wood pernah berkata “Saya tersenyum ketika melihat tantangan”, orang luar biasa seperti Tiger wood ini tentunya sangat menikmati hidupnya yang penuh dengan tantangan, karena tangtangan itu sendiri haruslah dapat diselesaikan.
Ketika kita melihat sosok Tiger Wood ia juga pernah berkata bahwa ia memiliki keinginan dan keinginan yang ia miliki seakan-akan dapat mengangkat gunung. Sungguh hal ini adalah perumpamaan bagaimana besarnya keinginan yang dimiliki oleh orang-orang besar.

Resume DT bulan Maret 2009

Tidak ada komentar: