Selasa, 31 Maret 2009

(Since Good Leaders are not good enough)bag2

TRAINING PENGEMBANGAN DIRI
(Since Good Leaders are not good enough)

Dalam perkembangan diri manusia, setiap manusia tidak akan pernah sesuai dengan apa yang dia buat, setiap hari akan yang dihadapi akan selalu berubah dan masalah yang terus menerjang akan semakin kompleks.
Mereka selalu menyesuaikan diri mereka dengan masalah yang ada, karena memang manusia mempunyai kemampuan adaptasi yang sangat baik.
Orang-orang yang bersedia melakukan perubahan adalah mereka yang terpilih menjadi agen perubahan, jumlah mereka sedikit namun pengaruh mereka begitu besar, terkadang mereka tampak gila karena pada awalnya usaha yang mereka kerahkan begitu besar.
Dalam menjadi leaders merupakan pilihan yang dapat diambil atau dapat ditolak namun ketika pilihan itu sudah kita pegang maka tugas kita adalah menyelsaikannya dengan sebaik mungkin. Pemimpin tidak akan meninggalkan tanggungjawab sebelum tanggungjawab tersebut ia selesaikan dengan optimal.
Seorang pemimpin mempunyai tugas untuk mengurusi manusia. Mereka diciptakan biasanya dari hal yang kecil namun ia mempu mengambil pelajaran dari hal tersebut. Hal-hal yang kecil sesungguhnya dapat membawa pengaruh yang besar. Ada sebuah kisah dimana ada seorang ibu yang bekerja di suatu perusahaan, ketika itu ia sedang hamil, pada waktu ia melakukan lembur di perusahaan tersebut dan disaat semua partner kerjanya sudah beranjak pulang, ketika itu direktur perusahaan tersebut menyapa pada ibu tersebut dengan hal yang sepela yaitu menenyakan tentang kondisi kandungannya dan terjadilah diskusi ringan. Pada suatu ketika ibu tersebut resign dari perusahaan tersebut sebab dia mau menjadi ibu rumah tangga dan dalam waktu beberapa bulan perusahaan yang pernah ia resign tersebut berada dalam kondisi kritis diambang bangkrut. Si ibu tersebut mengetahui keadaan tersebut dan akhirnya ia kembali memutuskan untuk bekerja pada perusahaan tersebut dan akhirnya perusahaan tersebut pulih kembali. Ketika ditanya oleh reporter tentang gaji yang ditawarkan perusahaan tersebut kepada ibu itu, ibu itu menjawab bahwa gaji yang ia terima justru lebih sedikit dari yang sebelumnya. Ternyata diluar dugaan ibu tersebut kembali ke perusahaan itu karena teringat dengan perkataan bosnya saat terjadi diskusi ringan tersebut. Inilah bukti bahwa suatu hal yang kecil dapat membawa pengaruh yang sangat besar.
Jika kita membicarakan tentang masalah kepemimpinan, maka sesungguhnya pemimpin itu terikat pada kata transformasi, seorang pemimpin yang tranformational terletak diatas pemimpin yang visioner, mereka menggagas sebuah perubahan yang disertai nilai-nilai kemudian membrekdown kedalam langkah-langkah konkrit, untuk mencapai hal tersebut.
Seorang pemimpin dituntut untuk mempunyai mentalitas bahwa ia bisa menjalani amanah jika ia dberi amanah, dan jika ia tidak diberi posisi apapun ia akan tetap bisa menempatkan posisi dirinya dengan tepat.
Setiap manusia mempunyai potensi menjadi pemimpin. Namun potensi yang dimiliki itu tidaklah sama satu sama lain. Hal yang menjadi pertanyaan adalah tinggal bagaimana kita bisa mengembangkannya. Apabila kita berhasil mengembangkan maka kita akan bisa menjadi leader.
Perlu di ingat bahwa pemimpin itu bukanlah posisi formal tapi ia adalah personal quality yang dibangun melalui kepercayaan dengan integritas.
Area yang dimiliki oleh orang. Open area, blind area, hiden area dan unknown area, dan sebagai manusia yang baik haruslah memperbesar open areanya dengan cara memperkecil blin dan hidden area yang dimiliki.
Dalam berfikir orang haruslah berfikir secara sistem, dimana berfikir dengan sistem beranggapan bahwa setiap perbuatan yang dilakukan akan mempunyai efek pada kegiatan yang lain, orang-orang yang berfikir dengan sistem ini akan melihat suatu hal itu dengan utuh. Mereka beranggapan bahwa masalah kecil akan mempunyai efek yang sangat besar. Orang-orang yang berfikir secara sistem akan bertindak antisipatik dan proaktif.
7 penghambat proses belajar.
1. I am my position
2. The enemy is out of there
3. The illusion of taking charge
4. The fixation of events
5. The parable of boiled frog
6. the delusion from experience
7. the myth of the management team


Resume TPD Bulan Maret 2009

Tidak ada komentar: