Selasa, 30 Desember 2008

MEREKA YANG MERUGI DAN MEREKA YANG BERUNTUNG

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran. (QS: Al Ashr 1-3)  

Imam Safi’i pernah mengatakan seandainya Al Quran itu tidak turun maka sesungguhnya Al Ashr sudah menjadi hujah yang kuat bagi umat islam. Hal inilah salah satu keagungan dari Al Quran yang terdapat dalam surat tersebut yang apabila kita cermati ternyata kandungannya begitu sangat luar biasa.
Dalam surat ini Allah memberikan peringatan kepada umat manusia bahwa mereka semua dalam keadaan yang merugi. Kecuali orang yang beriman, mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati suapaya menaati kebenaran dan nasehat- menasehati dalam kesabaran.
Orang yang beriman disini berarti meyakini dengan sepenuh hati atas 6 rukun iman. Pada hal ini dititik beratkan tentang bagaimana kita bisa beriman dengan mempunyai ilmu tentang apa yang diimani. Ilmu disini adalah ilmu tentang ma’rifatullah, ma’rifatur Rasul dan ma;rifatul dinul Islam. Ma’rifatullah akan mengantarkan kita kepada tauhidullah yang nantinya terposisi pada kalimat Lailahaillallah. Sedangkan ma’rifatur Rasul membawa akan ajaran para rasul dengan menjadikannya sebagai tauladan bagi kehidupan seorang muslim dalam setiap pergerakannya di muka bumi. Dan yang terakhir adalah ma’rifatul dinul Islam, yaitu menjadikan Islam sebagai manhaj atau sistem dalam segala aspek kehidupan baik bidang politik, ekonomi, social maupun budaya.
Selain beriman seorang muslim harus mempunyai amal yang baik. Amal disini adalah amal sholih yang bisa mencirikan iman dari seseorang. Kemudian saling nasehat menasehati supaya menaati kebenaran berarti kegiatan ini adalah kegiatan dakwah, dimana seorang muslim diberikan amanah untuk menyampaikan kebenaran kepada orang lain. Setelah ketiga ini ditutup dengan kata saling nasehat menasehati dalam kesabaran, yang berarti dituntut untuk bersabar dalam segala hal.
Apabila kita bisa menilik pesan yang tersirat dalam surat ini ternyata tidak bisa umat muslim hanya mengerjakan sebagian dari 4 hal di atas. Sebab hal tersebut merupakan sesuatu yang sangat berkaitan dan tidak terpisah. Seseorang masih dikatakan merugi apabila dirinya hanya beriman saja tanpa mengerjakan amal shalih atau tanpa berdakwah. Seseorang masih belum beruntung apabila ia mengerjakan amal shalih, berdakwah dan sabar tanpa mempunyai iman. Oleh karena itu keempat hal diatas merupakan sesuatu yang sangat utuh dan berkaitan satu sama lain.
(Materi yang disampaikan Ust, Budi Nur Iman pada kegiatan KIP PPSDMS Reg 4 dengan bahasa dan gaya penyampaian dari penulis)

Tidak ada komentar: