Minggu, 31 Mei 2009

Studi Pustaka Model Kepemimpinan dalam Gerakan Islam

Penulis buku : Musthafa Muhammad Thahhan
Judul buku : Model Kepemimpinan dalam Amal Islami

Buku ini memaparkan tentang biografi singkat tokoh yang diteliti mulai dari kecil hingga dewasa. Mengemukakan tantang pemikiran, sikap, hidup dan dampak perjuangan yang dilakukan oleh tokoh tersebut. Kemudian tokoh tersebut disimpulkan watak atau sifat yang perlu dikembangkan dan tokoh pergerakan islam yang dapat ditularkan kepada generasi penerus.
Tokoh pertama yang dibahas adalah Dr. Mustafa as-Sibai, beliau adalah seorang pendidik dan komandan perang. Beliau merupakan pendiri dari gerakan Ikhwanul Muslimin dan menjadi perang dalam perang melawan penjajah perancis di suriah dan penjara zionis di palestina.
Tokoh yang kedua adalah Izzuddin al-Qassam seorang komandan dan ahli strategi. Beliau yang mengorbarkan revolusi melawan perancis pada tahun 1919 dan dijatuhi hukuman mati tapi beliau melarikan diri ke palestina dan tahun 1922 menetap di Haifa dan menjadi guru di masjid An-Nasr.
Tokoh yang ketiga adalah Muhammad bin Badis seorang pendidik dan budayawan. Beliau hafal Al-Quran sejak umur 13 tahun. beliau mendirikan Jam’iyah ulama Al-Jaza’iryah pada tahun 1931. Akhirnya beliau membangun sekolah dengan ongkosnya sendiri dan mencapai 350 sekolah.
Tokoh yang keempat adalah Maulana Abul A’la al-Maududi, beliau adalah seorang pemikir dan penulis. Beliau adalah penulis buku jihad fisabilillah pertama dalam umur kurang dari 20 tahun.
Dan yang terakhir adalah Said Badi’uzzaman an-Nursi seorang pembimbing ruhani. Beliau adalah pendiri dari ittihad muhammadi dengan slogan persatuan, kebebasan dan pembaharuan dengan warna islam.

Tidak ada komentar: